Prinsip dan cara kerja motor diesel 4 tak
bensin 4 tak, perbedaannya hanya pada proses pembakarannya.
Motor bensin bahan bakarnya dibakar melalui percikan busi
sedangkan motor diesel bahan bakarnya terbakar sendiri akibat
panas dan tekanan yang tinggi.
Langkah Hisap
a. Piston bergerak dari TMA ke TMB
b. Katup hisap terbuka
c. Katup buang tertutup
d. Terjadi kevakuman dalam silinder, yang menyebabkan udara
murni masuk ke dalam silinder
Langkah Kompresi
a. Piston bergerak dari TMB ke TMA
b. Katup hisap tertutup
c. Katup buang tertutup
Udara dikompresikan sampai tekanan dan suhunya menjadi 30
kg/cm2 dan 500°C
Langkah Usaha
a. Katup hisap tertutup
b. Katup buang tertutup
c. Injektor menyemprotkan bahan bakar sehingga terjadi
pembakaran yang menyebabkan piston bergerak dari TMA ke
TMB
Langkah buang
a. Piston bergerak dari TMB ke TMA
b. Katup hisap tertutup
c. Katup buang terbuka
d. Piston mendorong gas sisa pembakaran keluar
Pada motor diesel dan motor bensin konvensional semua
komponen mesinnya hampir sama secara konstruksi,
perbedaannya hanya pada sistem pemasukan bahan bakar, dan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar